Jumat, 09 Desember 2011

Bingung dengan Alexa Rank

Saya bukanlah orang yang berlatar belakang IT, dan juga menggeluti dunia blog baru beberapa bulan. Tetapi ada hal-hal yang betul-betul membuat saya tidak ngerti. Tidak cocok dengan jalan pemikiran saya sebagai seorang accounting.

Yaitu mengenai ranking yang dilakukan oleh "Alexa". Karena di tollbar saya pasangi Alexa, jadi setiap kali saya mengunjungi sebuah website atau blog saya suka merankingnya dengan Alexa ini. Nah yang membuat saya bingung ada website yang menampilkan total jumlah pengunjungnya di sidebar, kalau saya lihat total pengunjungnya jauh melampaui apa yang ada di blog saya, akan tetapi saat saya coba rank dengan Alexa, blog saya jauh berada di atas website tadi, baik di regional negara maupun di seluruh dunia. Lalu berdasarkan apa Alexa meranking sebuah website atau blog ?!?!?!....

Yang kedua seorang blogger mengaku bahwa blognya dikunjungi rata-rata perhari 300 pengunjung, tetapi saat saya cek rankingnya dengan Alexa, blog saya jauh berada diatas blognya, padahal blog saya rata-rata dikunjungi tidak lebih dari 100 pengunjung. Nah lo… tambah bingung??!!???!!...

Nah, itulah kenapa saya katakan hal itu tidak sejalan dengan logika berpikir saya, logika berpikir saya mengatakan kalau jumlah pengunjung semakin banyak seharusnya ranking di Alexa semakin meningkat – atau kalau di Alexa, angkanya semakin kecil – tetapi hal itu tidak terjadi.

Saya akan sangat berterima kasih kalau ada teman-teman yang bisa membantu memberikan sedikit pencerahan, tetapi please… gunakan bahasa yang gampang dimengerti oleh orang yang awam seperti saya ini, yang sedikit GapTek.

7 komentar:

  1. saya juga ini lagi mencari tahu,,,sama-sama bingung

    BalasHapus
  2. saya kasih tau ya,bukan seberapa banyak alexa menghitung ranking per website diseluruh dunia
    melainkan berapa banyak unique visitor,yang datang ke website tsb setiap harinya
    soalnya unique visitor dihitung,mengambil acuan dari ketertarikan visitor didunia maya berkunjung ke website kita secara sukarela & dari berbagai belahan dunia bukan hanya coverage Indonesia mba
    Unique visitor bisa diketahui dengan IP Adress pengunjung yang datang

    BalasHapus
  3. @ Azas - he he he... sama sama bingung

    @ Andy - o gitu ya. ok Andy makasih ya mau berbagi ilmu

    @ Stupid monkey - makasih bro

    BalasHapus
  4. sama seperti mas Andy.
    alexa rank dihitung berdasarkan jumlah pengunjung unik. (ip unik).

    kalau soal blog menampilkan jumlah pengunjung, bisa saja itu jumlah pengunjung yang tidak unik. setahu saya, kita mengunjungi blog kita sendiri berkali2 juga bisa meningkatkan jumlah pengunjung yang ditampilkan di blog kit itu. (seperti yang anda maksud)

    kalau soal blog yang mengaku jumlah pengunjungnya 300 dan alexa rank nya masih besar, saya rasa itu juga sama.

    BalasHapus
  5. mantap, ikutan setuju saja,... searching dan browsing aja biar tau!

    BalasHapus
  6. Saatnya mencoba kedasyatan dari jss-tripler, Profit Income dengan Penghasilan pasti 150% hingga 300%. Semakin Byk Posisi, Smakin besar penghasilan kita tiap harinya !!!
    Dapatkan bonus $10 utk modal awal 1 posisi gratis
    Tertarik ? Ayo langsung ke TKP
    Dapatkan $10 utk modal awal 1 posisi gratis Disini
    Baca Tutorial Panduan Lengkap JSS Tripler Disini

    http://jssmaster.com/bukti-claim-jss/

    BalasHapus