Kamis, 27 Oktober 2011

Masihkah ada kemungkinan mendulang rupiah dari blog?

Sebagai seorang blogger pemula pertanyaan diatas sangatlah wajar, mengingat sebuah data menyebutkan bahwa setiap 7.5 detik sebuah blog baru muncul di Indonesia. Dan di tahun 2011 ini sudah ada kurang lebih 4 juta akun blog. Itu berarti bahwa sebagai blogger yang berstatus pemula harus bersaing dengan 4 juta blogger lain untuk mendapatkan jumlah pengunjung.


Kemudian saya iseng melakukan sebuah analisa terhadap blog saya sendiri “DeWay". Blog saya tergolong masih baru, pertengahan september 2011 yang lalu “DeWay” baru lahir. Pada saat “DeWay” berumur beberapa hari saya mencoba meranking dengan menggunakan Alexa. Dan nampak “DeWay” berada di urutan 26juta di seluruh dunia, dan di Indonesia hanya ada tulisan “no data”.

Saya mencoba mengikuti saran beberapa blogger untuk terus update postingan dan menjadi blogger yang kreatif, dan tidak lupa berbagi ke media seperti Vlog, facebook, twitter. Dan hasilnya untuk di Indonesia peringkat saya terus mengalami peningkatan yang sangat mengejutkan, dua minggu yang lalu nampak di board alexa 44 ribuan, dan saat tulisan ini dibuat sudah berada pada ranking 12 ribuan. Begitu juga di dunia, yang awal kelahiran blog ini berada di angka 26 juta, saat tulisan ini dibuat sudah mencapai ranking 1.9 jutaan.

Apa yang bisa kita simpulkan dari data diatas. Dari total akun blog di Indonesia yang berjumlah 4 juta, ternyata banyak akun blog yang mati suri, artinya banyak akun blog yang dibuat tetapi kemudian tidak pernah diurus lagi oleh pemiliknya. Mengapa saya berani mengatakan hal ini. Dengan menggunakan sedikit logika dan penalaran, seharusnya blog “DeWay” yang masih berumur satu setengah bulan tidak mengalami lompatan ranking dari 4juta ke 12ribu apabila ke 4juta blogger tersebut melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan. Begitu juga di seluruh dunia, juga banyak blog yang mati suri, karena blog “DeWay” juga mengalami pelompatan dari 26juta ke 1.9juta.

Analisa kedua, saya mencoba untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, mengenai jumlah pengguna internet di beberapa negara. Ternyata di Indonesia jumlah pengguna internet hanya 16% dari seluruh jumlah penduduk, bandingkan dengan Malaysia yang sudah mencapai 60% dari jumlah penduduknya. ( Untuk selengkapnya lihat tabel )




Masih ada peluang.

Dari dua hal tersebut diatas, ternyata masih ada peluang bagi para blogger pemula untuk mendulang rupiah melalui aktivitas blogging. Karena pengguna internet di Indonesia masih sangat dimungkinkan untuk mengalami peningkatan, ditambah lagi saat ini koneksi internet sangat mudah dan murah. Sehingga siapa saja bisa terhubung dengan internet. Itu berarti peluang bagi para blogger untuk terus menambah jumlah pengunjung terbuka lebar. Itu berarti masih ada kemungkinan untuk mendulang rupiah dari aktivitas blogging.

Semoga sedikit gambaran yang saya sampaikan disini memberikan semangat baru bagi para blogger, khususnya para blogger pemula.



Salam
dma.setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar