Selasa, 27 September 2011

Antara idealisme dan meterialisme para blogger

Sudah 2 minggu ini saya mencoba membuat blog, saya belajar dari buku dan beberapa tips dari para blogger lain, karena memang saya tidak mempunyai latar belakang sama sekali dalam dunia informatika. Saya lulusan jurusan akuntansi dan saat ini bekerja sebagai accounting di sebuah pabrik.

Tetapi semakin saya banyak tau tentang blog, hati saya terusik dengan sebuah pertanyaan, “sebenarnya ngapain sih saya bikin blog, trus posting tiap hari, kemudian di publish, dan melakukan cara-cara agar mendapat traffic bagus?”

Saya instropeksi diri saya sendiri sejujur-jujurnya, ternyata tujuan saya cuman dapat traffic bagus, lalu bisa pasang iklan, lalu dapat duit…. Yailah ujung-ujungnya juga duit…..

Setelah melalui perenungan yang mendalam, saya mengambil kesimpulan bahwa aktivitas ngeblog tidak sesempit untuk mendapatkan uang saja, tetapi lebih dari itu:

Pertama, beberapa hari yang lalu saya kirimkan blog saya tentang keluarga ke vlog, dan ternyata di tampilkan oleh vivanews.com sehingga banyak orang bisa mengakses tulisan saya. Saya merasakan kepuasan tersendiri akan hal itu, karena apa yang saya tampilkan bukan hasil copy paste, tetapi dari kolaborasi antara informasi dari buku-buku yang pernah saya baca dengan pemikiran saya.

Kedua, dengan blog yang saya miliki saya juga bisa mencurahkan segala pemikiran saya, uneg-uneg saya, melalui tulisan di blog ini, dan semua orang yang baca bisa memberi comment sehingga bisa menjadi umpan balik bagi saya, dan saya yakin itu akan memperkaya wawasan saya.

Ketiga, kepuasan lain dari aktivitas ngeblog adalah apabila apa yang kita tulis bisa memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. Saya apresiasi untuk Blogguebo.com yang kumpulan tulisannya menjadi sebuah buku, dan buku itulah yang banyak mengajari saya tentang blog.

Dan yang terakhir, apabila kita beruntung kita bisa menghasilkan uang dari aktivitas blogging. Mengapa saya taruh ini di bagian terakhir dan saya katakan apabila beruntung, karena saya berharap bahwa para blogger tidak melakukan aktivitas ini semata-mata untuk uang, tetapi betul ingin melakukan sesuatu yang bermanfat bagi sesama, melalui content-contentnya.

Bagaimana pendapat Anda?


Salam
dma.setiawan

4 komentar:

  1. kepuasan tersendiri adlah bsa brbgi dg org lain :)
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  2. Menulis & ngeblog bikin diri w serasa menari bebas di angkasa yang luas tanpa ada batasan,
    Ngeblog tuh jangan pikirin traffic & backlink semata melainkan content yang kita buat berguna & bermanfaat buat orang banyak yang membaca
    Mampir balik ya

    BalasHapus
  3. Dilema sih sebenarnya, siapa sih yg gak mau uang. tapi kita bisa mengakali dengan membuat 2 blog, yaitu personal dan monetize. kepuasan itu akan dtg pada personal blog. cuma kalau gak punya banyak waktu ya personal blog deh yg di utamakan, dari pada harus bikin AGC demi duit. Hal ini sering sekali saya bahas di blog Cara Online. Silahkan berkunjung, salam kenal, n tetap semangat. Keep Blogging today :)

    BalasHapus