Minggu, 23 Oktober 2011

Internet tidak membuat seseorang menjadi bodoh

Di dalam tulisan sebuah blog rekan kita mengatakan bahwa internet membuat pelajar menjadi malas dan karena setiap kali ada tugas para mahasiswa hanya melakukan copas. Sehingga mengakibatkan "pendangkalan otak" .

Jujur saya tidak paham apa yang dimaksud dengan pendangkalan otak, karena dengan semakin mudahnya akses internet membuat setiap orang akan sangat mudah mengakses informasi, pengetahuan dan banyak hal yang bisa dimanfaatkan melalui internet, tentu saja saya berbicara hal-hal yang positif.

Pengalaman yang bisa saya bagikan betapa internet sangat bermanfaat adalah apa yang selalu dilakukan oleh teman kantor saya. Saat anak mereka mendapat tugas dan teman saya tidak mengerti akan tugas tersebut, teman saya selalu searching di internet untuk mencari tahu agar bisa mengajari anaknya. Dan ia mengatakan bahwa dengan internet ia bisa banyak belajar tentang pelajaran-pelajaran sekolah anaknya, dan ia merasa semakin memiliki banyak pengetahuan.

Mengenai masalah copas, sebetulnya itu tidak ada bedanya dengan mengutip sebuah buku. Bedanya kalau pada jaman sebelum ada internet kita harus mengetik ulang apa yang ada di buku, sekarang kita tinggal copy dan paste. Dan hal ini tidak membuat si mahasiswa menjadi bodoh, karena sebelum mereka copas, saya yakin mereka akan membaca subyek yang sesuai dengan tugas yang diberikan, bukankah itu juga menambah pengetahuan bagi sang mahasiswa.

Hanya satu hal yang membuat internet berbahaya, yaitu sifatnya yang tidak terbatas, dimana kita bisa mengakses apa saja, mulai dari hal yang paling negatif sampai ke hal yang paling positif. Dan untuk bisa menangkal hal itu tergantung hanya dari masing-masing individu, dan peran orang tua kalau kita berbicara pengguna internet yang masih anak-anak.

Bagaimana pendapat Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar